Goa Gong - Pacitan

۩ Gembel Elit ۩ dari jawa barat Kawah Putih Ciwidey mari vrohh lanjut aja jelajah menuju Goa Gong yang berada di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Donorejo (Jawa Timur), sekitar 140 km arah selatan kota solo atau 30 km arah barat daya Kota Pacitan. Goa Gong memegang predikat sebagai wisata Goa terindah se-Asia Tenggara, predikat tersebut membuat Goa Gong sangat populer di kalangan para wisatawan asing maupun lokal.

Goa Gong Pacitan memiliki kedalaman goa sepanjang 256 meter dan memiliki stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Goa ini terbentuk akibat aktivitas vulkanik dan gerakan termik yang di perkirakan berlangsung ratusan tahun hingga ribuan tahun silam.

Berdasarkan kisah masyarakat lokal, nama Goa Gong sendiri berasal karena masyarakat sering mendengar adanya suara gema tabuhan seperti suara Gong yang berasal dari dalam goa. Suara gema (gong) tersebut adalah hasil dari pantulan tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmit goa tersebut. Bunyinya yang di hasilkan-pun terdengar harmonis (merdu), bahkan kalo kalian berada di pintu masuk goa tersebut dijamin merdu vrohh.
Dinding Goa Gong Pacitan yang disoroti lampu
Kalian cuma bayar tiket masuk sebesar Rp 5.000,- untuk menikmati keindahan nya vrohh (murah meriah vrohh), saat mengunjungi Goa Gong kalian akan diajak menyusuri tangga dan menyaksikan berbagai pemandangan gong cave, shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air), rekahan endapan kalsium, dan tetesan air di ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil.
Ketika kalian menyusuri goa tetaplah berhati-hati karena genangan air yang menetes dari stalakmit menjadikan lantai goa ini cukup licin. Kalian mungkin akan mudah terpeleset jika tidak berhati-hati melangkah.

Setelah penyusuran selesai dan kalian keluar dari dalam goa, Kalian melihat banyaknya pedagang yang menjajakan dagangannya, mulai dari aneka makanan, minuman, hingga souvenir foto goa atau lukisan wajah yang dapat kalian bawa pulang sebagai cinderamata. Umumnya harga yang ditawarkan untuk souvenir berkisar dari Rp 50.000,- hingga Rp 150.000,- per item (souvenir).
Untuk kalian yang berencana menginap, kalian dapat mencari hotel dekat Goa Gong Pacitan ini. Terdapat aneka jenis penginapan , seperti hotel dan lain-lain dengan fasilitas beragam.

Selamat menikmati perjalanan vrohh buat yang pengen nge-trip ke Goa Gong Pacitan ^_^, tapi ingat vrohh jangan cuma nge-Trip ke Goa Gong doang, liat juga View Gunung Merbabu yang bakal mempesona mata kalian dari atas ketinggian. ^_^
#AlamIndonesiaItuLuasVrohh 

0 komentar:

Post a Comment