Gunung Sindoro '3.153 mdpl' via Kledung

۩ Gembel Elit ۩ Gunung Sindoro adalah salah satu dari beberapa gunung di Jawa Tengah, lebih tepatnya di perbatasan kabupaten kabupaten Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro juga biasa di sebut Sindara atau Sundoro, Gn.Sindoro merupakan gunung vulcano aktif yang mempunyai bentuk kerucut dengan tipe strato.

Ada beberapa jalur untuk pendakian yaitu :
  • Jalur Kledung (perbatasan Wonosobo - Temanggung)
  • Jalur Tambi (Desa Sigedang Wonosobo)
  • Jalur Sibajak (Temanggung)
  • Jalur Jlumprit (Dusun Katekan/Temanggung)
JALUR KLEDUNG
Balai Desa inilah yang di jadikan basecamp Gn.Sindoro via Kledung.
(biasa vroh sebelum mendaki wajib regristrasi dahulu ^_^) 

Dari basecamp kalian bisa mulai melakukan perjalanan ke puncak (kurang lebih memakan waktu 8 jam). Untuk jalur dari basecamp ke pos 1 akan melewati ladang penduduk dengan jalan setapak menanjak dengan waktu tempuh sekitar 45 sampai 60 menit dengan jalan makadam yang rapi.
Setelah melewati batas ladang penduduk dengan hutan akan sampai di watu gede. Pos 1 ada di ketinggian 1.900 mdpl. Jalur pendakian Pos 1 menuju Pos 2 di lanjutkan dengan rute landai bertanah padat yang lama kelamaan akan menanjak, di jalur ini kalian akan menemukan cukup banyak percabangan jalur menuju ladang penduduk sehingga butuh cukup kejelian dalam memilih jalur yang benar. 

Sedangkan dari Pos 2 menuju Pos 3 jalur yang di lewati cukup banyak tanjakan yang terjal sehingga akan cukup menguras tenaga. Di Pos 3 ini cukup luas sehingga dapa mendirikan tenda untuk beristirahat.
(Pos 3 biasa juga di sebut Pos Celeng/Babi karna seringkali terlihat Babi Hutan berkeliaran di area Pos 3 ini)
(makan dulu vrohh sambil istirahat hhe #Pos 3 '2.530 mdpl' sebelum summit attack)
Dari Pos 3 menuju Pos 4 atau biasa di sebut Batu Tatah kalian akan di suguhi pemandangan yang sangat indah (melewati hutan lamtoro). Perjalanannya sendiri akan memakan waktu sekitar 2 jam. dari batu tatah ini pemandangannya cukup indah, apa lagi waktu sunrise sangat mempesona vroh hhe ^_^
Perjalanan dari Pos 4 ke puncak akan memakan waktu paling cepat 1,5 jam dan jananya pun cukup terjal, tanang saja vroh meski terjal kita di suguhi pemandangan indah dari bunga edelweis di perjalanan menuju puncak. ^_^
(ingat 1 hal jangan petik bunga itu (edelweis) di alamnya vroh, jagalah alam kita agar tetap indah ^_^)
Puncak Sidoro merupakan dataran dengan 2 kawah kembar dengan luas sekitar 210 x 150 meter, kalian juga bisa mengitari kawah itu dengan melewati dinding kawah yang memisahkan keduanya, 
Dari Puncak kita di hadapi pesona utama saudara kembarnya, yaitu Gn.Sumbing vroh yang berdiri tegak seolah menantang untuk di daki.

Engga cuma sampai di sini vroh keindahan dari Sindoro, bakalan lebih seru lagi kalo setelah naik lewat Kledung kalian turunya lewat Sigedang (Tambi). meski jalurnya terjal menurun (bebatuan) tetapi pemandanganya engga kalah waktu kalian naik lewat Kledung di jamin mantap dah vroh ^_^.

ini ada beberapa view untuk kalian waktu saya turun lewat jalur Tambi



0 komentar:

Post a Comment