Gunung Prau '2.565 mdpl' via Dieng

۩ Gembel Elit ۩ pegunungan (Gn.Prau) yang berada di daerah saya lahir (Wonosobo-Dieng) ini sudah cukup tenar di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena view alamnya  yang menawan. 

Ada 3 (Tiga) jalur pendakian ke Gn.Prau :

  • Jalur Patakbanteng (Kejajar, Wonosobo)
  • Jalur Area Wisata Dieng (Dieng, Wonosobo)
  • Jalur Kenjuran (Sukorejo, Kendal)
JALUR DIENG
(biasa vroh wajib regristrasi dulu sebelum memulai mendaki)
Setelah lapor (regristrasi) di basecamp kalian bisa memulai perjalanan menuju puncak Gn.Prau. Dari Basecamp menuju Pos 1 kalian akan melewati ladang penduduk dengan medan bebatuan, tenang saja vroh jalanan masih agak landai jadi tidak menguras banyak tenaga.
Pos 1 adalah batas ladang penduduk dengan kawasan hutan Gn.Prau, menuju Pos 2 jalan berupa tanah liat, di sini kalian akan menemukan pertigaan maka dari itu kalian harus jeli melihat jalan yang benar (untuk menuju puncak pilih jalan yang berbelok ke kanan agak menanjak). Lalu kalian akan melewati bangku-bangku dari semen, setelah itu perjalanan masih berlanjut melalui hutan pinus setelah kurang lebih 45 menit kalian berjalan sampailah di Pos 2.
(perjalanan dari Pos 1 menuju Pos 2 kurang lebih 45 menit)
Di hutan pinus ini tempatnya sangat rindang, hawanya pun cukup dingin untuk menusuk tulang (apalagi waktu kemarin saya ke Gn.Prau, wuih kabutnya sangat tebal vrohh #CuacaTakMendukung hiks)
tenang saja vroh rasa dingin bakal hilang setelah melihat view hutan pinus yang sangatlah mempesona. hhe ^_^
Setelah melewati hutan pinus kira-kira sekitar 30 menit kalian akan sampai puncak pemancar. Jalur menuju pemancar ini berupa tanah padak yang agak licin kalu musim hujan dan agak curam kalau sudah hampir sampai menara. Di menara pemancar inilah Pos 3 -nya.
Di Pos 3 (Pemancar) ini tempatnya agak luas kalian bisa istirahat bahkan kalian bisa dirikan tenda di sini kalo cuaca tak mendukung (bisa muat sekitar 5-8 tenda kapasitas 3/5 ) 
Pos 3/Pemancar #Cuaca lagi ga mendukung vrohh
Terpaksa melanjutkan perjalanan ke puncak pagi hari
Dari menara pemancar menuju puncak jalurnya turunan dan tanjakan (agak landai), kalian harus hati-hati karena agak licin. Kira-kira sekitar 25-30 menit perjalanan dari Pos Pemancar kalian akan sampai puncak Gn.Prau biasa juga di sebut Bukit Teletubis (teringat masa kecil vrohh suka nonton film teletubis hhe ^_^).
Meski waktu itu engga dapat sunrise tapi saya tetap senang vroh karna di puncak Gn.Prau dapat view yang indah dengan kabut kabut tebal menyelimuti Bukit Teletubis. Mantabb dah pokoknya vrohh, kalian ga bakal nyesel deh kalo mendaki ke Gn.Prau. ^_^
makan pagi sebelum menuju puncak Gn.Prau
menikmati keindahan Bukit Teletubis dari Puncak Pemancar (Pos 3)

Nih vrohh ada beberapa view dari saya di puncak Gn.Prau #Waktu Berkabut




4 komentar: